Jumat, 25 Februari 2011

Resep Rasulullah Atasi Kemiskinan

http://splash.smart3mobil.com/?id=Althon
Anas bin Malik meriwayatkan bahwa suatu ketika ada kalangan pengemis dari kalangan Anshar datang meminta minta kepada Rasulullah SAW. Lalu beliau bertanya kepada pengemis tersebut,"Apakah kamu mempunyai sesuatu dirumahmu?" Pengemis itu menjawab, "Tentu, saya mempunyai pakaian yang biasa saya pakai sehari-hari dan sebuah cangkir."Ambil dan serahkan ke saya!" Lalu pengemis itu menyerahkan kepada Rasulullah, kemudian Rasulullah menawarkannya kepada para sahabat,"Adakah diantara kalian yang ingin membeli ini?" Seorang sahabat menyahut,"Saya beli satu dirham." Rasulullah menawarkannya kembali, "Adakah di antara kalian yang ingin membayar lebih?" Lalu ada seorang sahabat yang sanggup membelinya dengan harga dua dirham.
Rasulullah menyuruh pengemis itu untuk membelikan makanan dengan uang tersebut untuk keluarganya, dan selebihnya, Rasulullah bersabda, "Carilah kayu sebanyak mungkin dan juallah, selama dua minggu ini aku tidak ingin melihatmu." Sambil melepas kepergiannya, Rasulullah pun memberinya uang untuk ongkos.
Setelah dua minggu, pengemis itu datang menghadap Rasulullah SAW sambil membawa uang sepulluh dirham hasil dari penjualan kayu. Lalu Rasulullah menyuruhnya untuk membeli pakain dan makanan untuk keluarganya seraya bersabda, "Hal ini lebih baik bagi kamu, karena meminta-minta hanya akan membawa noda diwajahmu diakhirat nanti. Tidak layak bagi seorang meminta-minta kecuali dalam tiga hal, fakir miskin yang benar-benar tidak punya sesuatu, utang yang tidak bisa terbayar, dan penyakit yang membuat seseorang tidak bisa berusaha."(H.R. Abu Daud)
(Lembar Jum'at An-Nur Kab. Kutai Timur)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Assalamualaikum wr. wb.
Silahkan kasih komentar atau tulisan, dan saran apapun juga.

Wassalam