Senin, 31 Mei 2010

Mesjid Agung AlKaromah Martapura


Mesjid Agung Alkaromah Martapura

Salah satu mesjid terbesar di kalimantan selatan. Terletak di kota Martapura Kab. Banjar. Mesjid ini terakhir di renovasi total sekitar awal tahun 2000 dengan di gagas oleh bupati kabupaten banjar bapak H. Rudi Arifin. Semenjak tahun 1970 an sampai di akhir tahun 1999 mesjid ini telah ber ulang kali dan beberapa kali di renovasi sesuai selera donator dan nazir mesjid jami ( sebelum dirubah menjadi mesjid agung ) mengingat banyaknya donator dan sumbangan yang mengalir setiap minggunya.
Bila membandingkan dengan beberapa mesjid yang pernah saya kunjungi di beberapa tempat di seluruh Indonesia Mesjid Agung AlKaromah Martapura paling banyak menerima sumbangan sekitar Rp 8.000.000 s/ Rp 10. 000.000 setiap minggunya. Bisa dibayangkan mesjid yang terakhir dibangun dengan menggunakan dana APBD ini mempunyai KAS atau Saldo yang sangat besar setelah semuanya rampung 100%.
Mengingat di kabupaten Banjar hampir 99% penduduknya beragama Islam dan membutuhkan tempat tempat ibadah atau mesjid yang laik, pembangunan langgar, musholla, dan mesjid panitia pembangunan meminta sumbangan dimana mana, dipasar, dijalanan dan sebagainya ini menggambarkan image yang kurang baik dimata masyarakat lain.
Alangkah indahnya bilamana saldo atau kas MESJID AGUNG AL KAROMAH MARTAPURA mensubsidi kebeberapa yang memerlukan dana untuk pembangunan mesjid, musholla, dan langgar di daerah kabupaten Banjar dan sekitarnya. Pengurus mesjid Agung Al Karomah harus bijaksana ketua Nazir Mesjid harus berhati ikhlas demi kemashlahatan ummat Islam kab. Banjar khususnya Kalimantan Selatan pada umumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Assalamualaikum wr. wb.
Silahkan kasih komentar atau tulisan, dan saran apapun juga.

Wassalam