Kamis, 28 Oktober 2010

II. Iman, Islam, Dan Ihsan

Dari Umar ra. berkata: Ketika disuatu hari kami duduk-duduk bersama Rasulullah saw, muncullah laki-laki berpakaian putih bersih, berambut hitam kelam, tidak tampak padanya bekas-bekas bepergian jauh, dan tak seorangpun diantara kami mengenalinya. Lalu dia duduk mendekat Nabi saw, kemudian ia meletakkan kedua telapak tangannya di atas kedua paha beliau. Ia berkata: " Wahai Muhammad beritahu aku tentang Islam. " Beliau bersabda. " Ber- Islam adalah engkau bersaksi bahwa tidak ada Tuhan ( yang berhak di sembah ) kecuali Allah dan bahwa Muhammad itu utusan Allah, engkau mendirikan shalat, dan menunaikan Zakat, berpuasa Ramadhan, dan haji ke Baitullah bila kamu mampu melaksanakan perjalanan ke sana." Orang itu berkata, " Engkau benar." Kami heran kepadanya, ia bertanya lalu mebenarkannya.

Orang itu berkata lagi, "Beritahu aku tentang Iman" Beliau Bersabda, "Engkau beiman kepada Allah, para malaikat-Nya, kitan-kitab-Nya, Rasul-Rasul-NYa, hari akhir, dan kepada Qadar yang baik maupun yang buruk." Orang itu berkata,"Engkau benar."

Orang itu berkata lagi,"Beritahu aku tentang Ihsan." Beliau menjawab, "Engkau menyembah Allah seakan-akan engkau melihat-Nya. Jika engkau tidak mlihat-Nya, maka sesungguhnya Dia selalu melihatmu.

Orang itu berkata, "Beritahu aku tentang hari kiamat." Beliau menjawab, "Orang yang ditanya tidak lebih tahu dari yang bertanya."

Orang itu berkata lagi, " Beritahu aku tentang tanda-tandanya." Beliau menjawab, "Bila budak wanita telah melahirkan tuannya, dan bila engkau melihat orang-orang (yang dulunya) tak beralas kaki, tak berbaju, miskin, dan pekerjaannya menggembala kambing, telah berlomba-lomba mendirikan bangunan."

Kemudian orang itu pergi, aku terdiam. Sesat kemudian Nabi saw, Bersabda, "Wahai Umar, tahukah kamu, siapa orang yang bertanya tadi?" Aku menjawab, " Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui. "Beliau Bersabda, "Dia adalah Malaikat Jibril yang datang untuk mengajarkan agamamu." (HR. Muslim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Assalamualaikum wr. wb.
Silahkan kasih komentar atau tulisan, dan saran apapun juga.

Wassalam