Minggu, 17 November 2013

Sifat Para Sahabat Yang Kedua


Sifat para sahabat yang kedua adalah Shalatul Khusyu' Wal Khudu' artinya shalat yang diiringi konsentrasi batin dan sikap merendahkan diri di hadapan Alloh SWT. Maksud dan tujuannya adalah bagaimana agar sifat-sifat ketaatan kepada Alloh SWT yang ada dalam shalat menjadi ketaatan kepada Alloh SWT dalam kehidupan sehari-hari.
Fadzilah atau keuntungan dari sifat ini di jelaskan dalam beberapa ayat al-qur'an diantaranya:
اتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلاةَ إِنَّ الصَّلاةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ
Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Qur'an) dan dirikanlah sholat. Sesungguhnya sholat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (sholat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah-ibadah yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.(Al Ankabut:45)
وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلاةِ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلا عَلَى الْخَاشِعِينَ
Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) sholat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk,(QS. Al Baqarah:45)
رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ
Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan sholat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.(QS. Ibrahim:40)
Sedangkan hadis-hadis yang menjelaskan keuntungan sifat shalat ini banyak sekali, diantanya:
"Kunci Surga adalah Shalat, sedangkan kunci Shalat adalah ber wudhu"
"Barang siapa yang Sholat pada dua waktu dingin dijamin masuk Surga" (HR. Bukhari Bab Keutamaan Sholat Subuh, Hadist no:574)
"Pertama kali amal seorang hamba yang akan di hisab pada hari kiamat adalah sholatnya, Apabila sholatnya baik, baik pula seluruh amalnya, dan apabila shalatnya rusak, rusak pula seluruh amalnya".(HR. Thabrani)
Bagaimana agar sifat ini bisa masuk kedalam hati dan menjadi sifat kita?
Pertama, Dakwahkan tentang sholat khusu' wal khudu'
Kedua, Menjaga sholat lima waktu secara berjama'ah, di awal waktu dan di tempat azan dikumandangkan (dimasjid), serta menghidupkan sholat-sholat nawafil.
Ketiga, belajar yakin menyelesaikan masalah dengan sholat.
Keempat, selalu berdo'a memohon kepada Alloh SWT agar diberi sifat Sholat khusu' wal khudu'

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Assalamualaikum wr. wb.
Silahkan kasih komentar atau tulisan, dan saran apapun juga.

Wassalam