Minggu, 17 November 2013

Sifat Para Sahabat Yang Ketiga


Sifat para Sahabat Rodiyallohu Anhum Ajmain yang ketiga adalah ilmu ma'a dzikir. Ilmu artinya segala petunjuk yang datangnya dari Alloh SWT melalui baginda Rasululloh SAW. Sedangkan dzikir artinya mengingat Alloh SWT dengan segala ke Agungan-Nya. Maksud dan tujuannya adalah bagaimana kita mngamalkan perintah dan larangan-Nya serta selalu berusaha menghadirkan ke Agungan Alloh SWT dalam setiap suasana dan keadaan yang dicontohkan Rasululloh SAW.
Fazdilah dari sifat ilmu ini banyak dijelaskan dalam Al-Qur'an, diantaranya:
فَتَعَالَى اللَّهُ الْمَلِكُ الْحَقُّ وَلا تَعْجَلْ بِالْقُرْآنِ مِنْ قَبْلِ أَنْ يُقْضَى إِلَيْكَ وَحْيُهُ وَقُلْ رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا
"Maka Maha Tinggi Allah Raja Yang sebenar-benarnya, dan janganlah kamu tergesa-gesa membaca Al Qur'an sebelum disempurnakan mewahyukannya kepadamu, dan katakanlah: "Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan." ( QS. Thaahaa: 114)
وَمِنَ النَّاسِ وَالدَّوَابِّ وَالأنْعَامِ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ كَذَلِكَ إِنَّمَا يَخْشَى اللَّهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاءُ إِنَّ اللَّهَ عَزِيزٌ غَفُورٌ
"Dan demikian (pula) di antara manusia, binatang-binatang melata dan binatang-binatang ternak ada yang bermacam-macam warnanya (dan jenisnya). Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama. Sesungguhnya Allah Maha perkasa lagi Maha Pengampun." (QS. Faathir: 28)
أَمَّنْ هُوَ قَانِتٌ آنَاءَ اللَّيْلِ سَاجِدًا وَقَائِمًا يَحْذَرُ الآخِرَةَ وَيَرْجُو رَحْمَةَ رَبِّهِ قُلْ هَلْ يَسْتَوِي الَّذِينَ يَعْلَمُونَ وَالَّذِينَ لا يَعْلَمُونَ إِنَّمَا يَتَذَكَّرُ أُولُو الألْبَابِ
"(Apakah kamu hai orang musyrik yang lebih beruntung) ataukah orang yang beribadah di waktu-waktu malam dengan sujud dan berdiri, sedang ia takut kepada (azab) akhirat dan mengharapkan rahmat Tuhannya? Katakanlah: "Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?" Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran." (QS. Az Zumar : 9)
Sedangkan hadis-hadis yang menjelaskan fadzilah dari sifat ilmu diantaranya:
"Apabila Alloh SWT menghendaki kebaikan pada diri seseorang, maka Alloh SWT memberikan kefahaman agama kepadanya" (HR. Bukhari dan Muslim)
"Barang siapa yang meringankan langkahnya untuk menuntut ilmu, maka Alloh SWT akan ringankan langkahnya menuju SURGA"
"Barangsiapa mengajarkan kebaikan, maka semua (makhluk) akan mendoakan keampunan kepadanya, sampai-sampai (tidak terkecuali) ikan-ikan yang berada didalam lautan (juga turut mendoakannya)
Adapun fadzilah dzikir dijelaskan dalam beberapa ayat Al-Qur'an sebagai berikut:
الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ
(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.(QS. Ar Ra'd:28)
فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلا تَكْفُرُونِ
Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku. (QS. Al Baqarah : 152)
وَاذْكُرِ اسْمَ رَبِّكَ وَتَبَتَّلْ إِلَيْهِ تَبْتِيلا
Sebutlah nama Tuhanmu, dan beribadahlah kepada-Nya dengan penuh ketekunan.(QS. Al Muzamil: 8)
Adapun hadis-hadis yang menjelaskan fadzilah dzkir diantaranya:
"Berdzikir (ingat) kepada Alloh SWT adalah kesembuhan bagi hati (penawar duka. (HR. Dailami melalui Anas ra)
"Perumpamaan orang yang mengingat Alloh SWT dan orang yang tidak mengingat Alloh SWT, bagaikan orang hidup dan orang mati." (HR. Bukhari dari Abu Musa r.a.)
"Apabila kalian melewati taman-taman surga maka nikmatilah."Para sahabat bertanya:"Apakah taman-taman surga itu? Nabi SAW menjawab: "Halaqah-halaqah (majlis-majlis) dzikir." (HR, Tirmidzi)
Bagaimana agar sifat ilmu ma'a dzikir ini bisa masuk kedalam hati dan menjadi sifat kita?
Pertama, dakwahkan tentang pentingnya ilmu m'a dzikir.
Kedua, memperbanyak duduk dalam halaqoh ta'lim masa'il maupun fadza'il dan majelis dzikir.
Ketiga, menghidupkan dzikir pagi dan petang secara istiqomah.
keempat, senantiasa berdo'a kepada Alloh SWT memohon agar diberi sifat ilmu ma'a dzikir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Assalamualaikum wr. wb.
Silahkan kasih komentar atau tulisan, dan saran apapun juga.

Wassalam