Senin, 18 November 2013

Sifat Para Sahabat Yang Keenam



Sifat para Sahabat Radiallohu Anhum Ajmain yang keenam adalah Khuruj Fi Sabilillah untuk tujuan dakwah dan tabligh, artinya keluar dijalan Alloh SWT untuk tujuan mengajak dan menyampaikan. Adapun maksud dan tujuannya yang pertama adalah untuk memperbaiki diri, dan yang kedua mengajak umat agar mau menghidupkan usaha agama agar hidayah tersebar ke seluruh alam.
Fadzilah atau keuntungan dari Khuruj Fi Sabilillah ini banyak dijelaskan dalam Al-Qur'an diantaranya:
وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلا مِمَّنْ دَعَا إِلَى اللَّهِ وَعَمِلَ صَالِحًا وَقَالَ إِنَّنِي مِنَ الْمُسْلِمِينَ
Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh dan berkata: "Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri?"(QS. Fushilat: 33)
الَّذِينَ آمَنُوا وَهَاجَرُوا وَجَاهَدُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ بِأَمْوَالِهِمْ وَأَنْفُسِهِمْ أَعْظَمُ دَرَجَةً عِنْدَ اللَّهِ وَأُولَئِكَ هُمُ الْفَائِزُونَ
"Orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah dengan harta benda dan diri mereka, adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah; dan itulah orang-orang yang mendapat kemenangan."(QS. At-Taubah: 20)
وَجَاهِدُوا فِي اللَّهِ حَقَّ جِهَادِهِ هُوَ اجْتَبَاكُمْ وَمَا جَعَلَ عَلَيْكُمْ فِي الدِّينِ مِنْ حَرَجٍ مِلَّةَ أَبِيكُمْ إِبْرَاهِيمَ هُوَ سَمَّاكُمُ الْمُسْلِمِينَ مِنْ قَبْلُ وَفِي هَذَا لِيَكُونَ الرَّسُولُ شَهِيدًا عَلَيْكُمْ وَتَكُونُوا شُهَدَاءَ عَلَى النَّاسِ فَأَقِيمُوا الصَّلاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَاعْتَصِمُوا بِاللَّهِ هُوَ مَوْلاكُمْ فَنِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيرُ
"Dan berjihadlah kamu pada jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan. (Ikutilah) agama orang tuamu Ibrahim. Dia (Allah) telah menamai kamu sekalian orang-orang muslim dari dahulu, dan (begitu pula) dalam (Al Qur'an) ini, supaya Rasul itu menjadi saksi atas dirimu dan supaya kamu semua menjadi saksi atas segenap manusia, maka dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berpeganglah kamu pada tali Allah. Dia adalah Pelindungmu, maka Dialah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong."(QS. Al-Hajj: 78)
Sedangkan hadis-hadis yang menjelaskan tentang fadzlah Khuruj Fi Sabilillah banyak, diantaranya:
"Barangsiapa menunjukkan kebaikan, maka ia mendapat pahala seperti pahala orang yang mengamalkannya."(HR. Abu Dawud)
"Sesungguhnya sepagi sepetang keluar di jalan Alloh SWT lebih baik dari dunia dan seluruh isisnya."(HR. Bukhari)
"Barangsiapa diantara kalian melihat kemungkaran hendaklah ia mengubah dengan tangannya. Jika tidak mampu, maka dengan lisannya, jika tidak mampu denagn hatinya, dan itu adalah selemah-lemahnya iman."(HR. Muslim)
Bagaimana agar sifat ini ada dalam hati dan menjadi sifat kita?
Pertama, Dakwahkan selalu pentingnya keluar di jalan Alloh SWT untuk kerja dakwah dan tabligh.
Kedua, Meluangkan waktu keluar dijalan Alloh SWT sekurang-kurangnya empat bulan seumur hidup, empat puluh hari dalam setiap tahun dan tiga hari setiap bulan, serta dua setengah jam setiap hari.untuk kerja da'wah dan tabligh.
Ketiga, Selalu berdo'a kepada Alloh SWT agar kita diberi kekuatan dapat istiqomah menjalankan usaha yang mulia ini.
Keempat, Usahakan agar selalu hadir pada malam perhimpunan, malam musyawarah di markas da'wah untuk menyatukan hati dan fikir, serta siap ambil takaza / keperluan tugas-tugas da'wah. Insya Alloh semua siap ambil bagian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Assalamualaikum wr. wb.
Silahkan kasih komentar atau tulisan, dan saran apapun juga.

Wassalam