Minggu, 17 November 2013

Sifat Para Sahabat Yang Pertama:


Para Sahabat RA meiliki sifat iman dan yakin yang smpurna terhadap kalimat Laa Ilaaha Illallah, artinya tiada ilah yang patut di sembah kecuali Alloh. Mereka menyadari benar maksud kalimat ini adalah agar mereka mampu mengeluarkan semua kebesaran makhluk dari dalam hati sehingga bersemayam di hati mereka hanyalah kebesaran Alloh SWT.
Fadzilah atau keuntungan dari kalimat ini dijelaskan dalam Al-Quran diantaranya.
فَاعْلَمْ أَنَّهُ لا إِلَهَ إِلا اللَّهُ وَاسْتَغْفِرْ لِذَنْبِكَ وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مُتَقَلَّبَكُمْ وَمَثْوَاكُمْ
Maka ketahuilah, bahwa sesungguhnya tidak ada Tuhan (Yang Hak) melainkan Allah dan mohonlah ampunan bagi dosamu dan bagi (dosa) orang-orang mukmin, laki-laki dan perempuan. Dan Allah mengetahui tempat kamu berusaha dan tempat tinggalmu.(QS. Muhammad: 19)
وَمَا أَرْسَلْنَا مِنْ قَبْلِكَ مِنْ رَسُولٍ إِلا نُوحِي إِلَيْهِ أَنَّهُ لا إِلَهَ إِلا أَنَا فَاعْبُدُونِ
Dan Kami tidak mengutus seorang rasul pun sebelum kamu, melainkan Kami wahyukan kepadanya: "Bahwasanya tidak ada Tuhan (yang hak) melainkan Aku, maka sembahlah olehmu sekalian akan Aku"(QS.Al-Anbiya':25).
الَّذِينَ آمَنُوا وَلَمْ يَلْبِسُوا إِيمَانَهُمْ بِظُلْمٍ أُولَئِكَ لَهُمُ الأمْنُ وَهُمْ مُهْتَدُونَ
Orang-orang yang beriman dan tidak mencampur adukkan iman mereka dengan kelaliman (syirik), mereka itulah orang-orang yang mendapat keamanan dan mereka itu adalah orang-orang yang mendapat petunjuk.(QS.Al-Anam:82)
Sedangkan hadis hadis yang menjelaskan fadzilah atau keuntungan kalimat Laa Ilaaha Illallah diantaranya:
"Barang siapa yang akhir ucapannya Laa Ilaaha Illallah, pasti masuk surga" (HR. Hakim)
"Barang siapa yang mengucapkan Laa Ilaaha Illallah dengan ikhlas (dari dalam hatinya) pasti masuk SURGA". Ada sahabat yang bertanya: " Bagaimana Ikhlasnya?" Beliau Bersabda: "Hendaknya engkau jauhi semua yang diharamkan Alloh SWT."(HR. Thabrani)
"Perbaharuilah iman iman kalian. Salah seorang sahabat bertanya: "Bagaimana cara memperbaharui iman-iman kami, ya Rasululloh? Beliau bersabda: " Perbanyak membicarakan kalimat Laa Ilaaha Illallah." (HR. Ahmad)
Bagaimana agar sifat iman dan yakin terhadap kalimat Laa Ilaaha Illallah ini masuk kedalam hati kita ?
Pertama, dakwahkan dan perbanyak membicarakan pentingnya kalimat Laa Ilaaha Illallah
Kedua, berlatih dengan membentuk halaqah yang didalamnya banyak membicarakan iman.
Ketiga, selalu berdoa memohon kepada Alloh SWT agar diberi hakikat iman
Para sahabat RA juga memiliki sifat Muhammadur Rasululloh, artinya Muhammad adalah utusan Alloh. Mereka yakin benar bahwa untuk mencapai maksud dan tujuan kebahagian dunia dan akhirat hanya bisa dicapai dengan mengikuti cara hidup baginda Rasululloh SAW.
Sedangkan fadzilah atau keuntungannya dari sifat ini di jelaskan dalam Al-Qur'an diantaranya:
قُلْ إِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّونَ اللَّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ
"Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu." Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS. Ali Imran:31)
قُلْ هَذِهِ سَبِيلِي أَدْعُو إِلَى اللَّهِ عَلَى بَصِيرَةٍ أَنَا وَمَنِ اتَّبَعَنِي وَسُبْحَانَ اللَّهِ وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِينَ
"Katakanlah: "Inilah jalan (agama) ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik".(QS, Yusuf : 108)
لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا
"Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah." (QS. Al Ahzb:21)
Mengenai hadis-hadis yang menjelaskan fadzilah atau keuntungan sifat Muhammadur Rasululloh diantaranya:
"Tidak beriman salah seorang diantara kalian sebelum hawa nafsunya mengikuti agama yang aku bawa."
"Barangsiapayang menghidupkan sunnahku sungguh ia mencintaiku, dan barangsiapa mencintaiku maka ia akan bersamaku di Surga"
"Semua ummatku akan masuk surga kecuali yang enggan." Mereka bertanya " Wahai Rasululloh, siapakah yang enggan? Beliau menjawab "Barang siapa taat kepadaku ia akan masuk surga dan barang siapa yang menentangku berarti ia enggan".
Bagaimana agar sifat ini masuk kedalam hati dan menjadi sifat kita?
Pertama, dakwahkan tentang pentingnya sunnah Rasulullah SAW.
Kedua, latihan menghidupkan sunnah Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari hari
Ketiga, Senantiasa berdo'a kepada Alloh SWT agar diberikan sifat Muhammadur Rasululloh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Assalamualaikum wr. wb.
Silahkan kasih komentar atau tulisan, dan saran apapun juga.

Wassalam