Senin, 18 November 2013

Sifat Sahabat Yang Kelima


Sifat para Sahabat Radiyallohu Anhum Ajmain yang kelima adalas Tash Hihun Niyyah yang artinya memperbaiki atau membetulkan niat. Maksud dan tujuannya adalah bagaimana agar kita selalu menjaga niat dalam setiap amal hanya untuk mencari keridhoan Alloh SWT.
Fadzilah atau keuntungannya dari sifat Tash Hihun Niyyah banyak dijelaskan dalam Al-Qur'an diantaranya:
وَمَا أُمِرُوا إِلا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ وَيُقِيمُوا الصَّلاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ وَذَلِكَ دِينُ الْقَيِّمَةِ
Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama dengan lurus, dan supaya mereka mendirikan salat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus.(QS. Al Bayyinah: 5)
لَيْسَ عَلَيْكَ هُدَاهُمْ وَلَكِنَّ اللَّهَ يَهْدِي مَنْ يَشَاءُ وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ خَيْرٍ فَلأنْفُسِكُمْ وَمَا تُنْفِقُونَ إِلا ابْتِغَاءَ وَجْهِ اللَّهِ وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ خَيْرٍ يُوَفَّ إِلَيْكُمْ وَأَنْتُمْ لا تُظْلَمُونَ
Bukanlah kewajibanmu menjadikan mereka mendapat petunjuk, akan tetapi Allah-lah yang memberi petunjuk (memberi taufik) siapa yang dikehendaki-Nya. Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan (di jalan Allah), maka pahalanya itu untuk kamu sendiri. Dan janganlah kamu membelanjakan sesuatu melainkan karena mencari keridaan Allah. Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan, niscaya kamu akan diberi pahalanya dengan cukup sedang kamu sedikit pun tidak akan dianiaya (dirugikan).(QS. Al Baqarah: 272)
أَلا لِلَّهِ الدِّينُ الْخَالِصُ وَالَّذِينَ اتَّخَذُوا مِنْ دُونِهِ أَوْلِيَاءَ مَا نَعْبُدُهُمْ إِلا لِيُقَرِّبُونَا إِلَى اللَّهِ زُلْفَى إِنَّ اللَّهَ يَحْكُمُ بَيْنَهُمْ فِي مَا هُمْ فِيهِ يَخْتَلِفُونَ إِنَّ اللَّهَ لا يَهْدِي مَنْ هُوَ كَاذِبٌ كَفَّارٌ
Ingatlah, hanya kepunyaan Allah-lah agama yang bersih (dari syirik). Dan orang-orang yang mengambil pelindung selain Allah (berkata): "Kami tidak menyembah mereka melainkan supaya mereka mendekatkan kami kepada Allah dengan sedekat-dekatnya". Sesungguhnya Allah akan memutuskan di antara mereka tentang apa yang mereka berselisih padanya. Sesungguhnya Allah tidak menunjuki orang-orang yang pendusta dan sangat ingkar.(QS. Az Zumar: 3)
Sedangkan hadis hadis yang menjelaskan tentang keutamaan sifat Tash Hihun Niyyah diantaranya:
"Ikhlas itu adalah rahasia dari rahasia-rahasia-Ku. Aku simpan dalam hati seseorang yang aku cintai." (Hadis Qudsi)
"Sesungguhnya Alloh SWT tidak memandang kepada rupamu dan hartamu, tetapi Alloh SWT memandang kepada hati dan amalmu." (HR. Muslim dari Abu Hurairah r.a)
"Sesungguhnya Allloh SWT tidak menerima suatu amal kecuali yang disertai keikhlasan dan semata-mata mengharapkan keridhoan-Nya" (HR. Nas'i dari Abu Umamah al Bahili r.a)
Bagaimana agar sifat ini bisa masuk kedalam hati dan menjadi sifat kita? Pertama, Dakwahkan selalu pentingnya ikhlas dan memperbaiki niat.
Kedua, Berusaha selalu mengontrol niat kita sebelum beramal, sedang beramal, dan setelah beramal.
Ketiga, Selalu berdo'a kepada Alloh SWT memohon agar diberi sifat Tash Hihun Niyyah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Assalamualaikum wr. wb.
Silahkan kasih komentar atau tulisan, dan saran apapun juga.

Wassalam